BBTNGL Wilayah V Bahorok Lepas Liarkan Dua Ekor Hewan Kukang

BBTNGL Wilayah V Bahorok Lepas Liarkan Dua Ekor Hewan Kukang
Foto: Istimewa

LangkatBeritasatunews.id | Warga Dusun Gotong Royong, Desa Sampe Raya, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat serahterimakan dua ekor hewan Kukang (Slow Loris) ke pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) Wilayah V Bahorok, Senin (7/2/2022).

Selasa paginya, pihak BBTNGL, Kepala Seksi Seksi Pengelolaan Taman Nasional (Kasi SPTN) Wilayah V Bahorok Palber Turnip MH, langsung lakukan melepas liarkan dua ekor Kukang di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Bukit Lawang.

Palber kepada awak media menerangkan, dua ekor hewan Kukang ini ditemukan warga di ladang, setelah beberapa hari dipelihara oleh warga baru diserahkan.

“Keduanya baru saja kita lepaskan, dua hewan Kukang itu didapat warga pada malam hari (kemarin) oleh warga beserta SUMECO,” ujar Palber.

Dua ekor Kukang itu, ditemukan warga di sekitar Bukit Lawang, setelah diselidiki apakah Kukang masuk katagori dari penjualan ilegal, ternyata tidak ditemukan bukti terkait hal tersebut, ujar Palber.

“Ketika kita lakukan tindakan terhadap satwa yang dilindungi ini,dan dua ekor Kukang dalam keadaan sehat,pihaknya segera melepas liarkannya,” ujarnya lebih lanjut.

Setelah dilepasliarkan terhadap satwa yang dilindungi ini, Panel Turnip menyatakan, karena dua hewan ini masih remaja, bagus untuk berkembang biak dialam lepas.

Kegiatan pelepasan dua ekor hewan Kukang oleh pihak BBTNGL SPTN Wilayah V, juga dihadiri oleh lembaga SUMECO dan warga kampung setempat. * B1N-Sfn