Bupati Pakpak Bharat Lakukan Penilaian Kinerja Kecamatan Tahun 2022

Pemkab Pakpak Bharat melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah melaksanakan pembinaan terhadap seluruh Kecamatan dirangkai dengan Penilaian Kinerja Kecamatan Tahun 2022, Rabu (24/5/2023). | Foto: Ist

Pakpak Bharat-Beritasatunews.id | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah melaksanakan pembinaan terhadap seluruh Kecamatan dirangkai dengan Penilaian Kinerja Kecamatan Tahun 2022, Rabu (24/5/2023).

Hal itu untuk meningkatkan Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pelayanan Publik.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor (FBT) melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sahat Banurea, menyampaikan bahwa pembinaan terhadap seluruh Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, merupakan salah satu ruang diskusi yang efektif untuk mengetahui pelaksanaan tugas atributif dan delegatif di Kecamatan, yang nantinya menjadi bahan penyusunan kebijakan.

Sebagai Ketua Tim Pembinaan/Penilai Kecamatan Terbaik, Sahat Banurea menjelaskan, Kecamatan yang sudah selesai dilakukan pembinaan dan atau penilaian antara lain Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu (22 Mei 2023), Kecamatan Pergerteng-getteng Sengkut (23 Mei 2022), dan Kecamatan Salak (24 Mei 2023).

Sementara, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Pakpak Bharat, Roymons Alfalin, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten.

“Kecamatan yang memperoleh penilaian terbaik nantinya akan menjadi wakil Kabupaten Pakpak Bharat pada penilaian Kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara,”jelas dia.

Menurutnya, mekanisme pembinaan atau penilaian dilaksanakan dengan terlebih dahulu mendengarkan ekspose Camat yang dilanjutkan ekspose Ketua TP-PKK Kecamatan.

“Kemudian, diteruskan dengan kegiatan tanya jawab untuk menggali informasi yang lebih detail dan akurat oleh Para Tim Penilai, pemberian saran kepada Camat, termasuk melakukan klarifikasi kepada masyarakat yang hadir,”ujar Raymons. * B1N-Mitro Manik