Bupati Pakpak Bharat Lantik dan Kukuhkan Enam Pejabat Tinggi Pratama

Bupati Pakpak Bharat Lantik dan Kukuhkan Enam Pejabat Tinggi Pratama
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor foto bersamma usai melantik dan mengukuhkan enam Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Jumat (18/11/2022). | Foto: Ist

Pakpak Bharat – Beritasatunews.id | Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor melantik dan mengukuhkan enam Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Bupaten Pakpak Bharat, Jumat (18/11/2022).

Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama ini dilakukan guna mengisi beberapa kekosongan jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Hal ini dijelaskan oleh Bupati Pakpak Bharat dalam sambutannya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pelantikan hari ini telah mengalami proses yang panjang. Kekosongan beberapa Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama menjadi dasar untuk melakukan seleksi terbuka sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang tatacara pengisian Jabatan Tinggi secara terbuka di lingkungan Instansi Pemerintah, ungkap Bupati menjelaskan.

Bupati juga menjelaskan bahwa proses selekai telah dilakukan dengan mengedepankan objektivitas dan kompetensi, dengan tahapan seleksi yang sangat ketat dengan menggandeng Tim seleksi serta telah mendapatkan rekomensasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

Bupati juga menjelaskan tentang dua Pejabat Tinggi Pratama yang turut dikukuhkan hari ini.

Bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, pada pasal 133 disebutkan bahwa JPT hanya dapat diduduki paling lima tahun, JPT sebagaimaan dimaksud pada ayat 1 diatas dapat diperpanjang berdasarkan capaian kinerja, kesesuaian kompetensi serta berdasarkan kebutuhanInstansi setelah mendapat persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian dan koordinasi dengan Komisi ASN, jelas Bupati kemudian.

Bupati juga mengingatkan para Pejabat yang dilantik dan dikukuhkan hari ini untuk segera bekerja dengan penuh tanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsi lingkungan Instansi masing-masing.

Saya harapkan saudara-saudara semua dapat menjalankan peran masing-masing dengan penu tanggung jawab serta mampu berkontribusi maksimal damlam pembangunan kabupaten Pakpak Bharat dalam segala bidang.

Tantangan pembangunan pembangunan kedepan tentu akan semakin berat, saya dan Wakil bupati Pakpak Bharat yang diberi amanah memohon dukungan dan kerja sama yang baik dari saudara Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang baru saja dilantik dan dikukuhkan, saya berharap dengan telah diisinya beberapa jabatan yang kosong selama ini dapat membantu tugas Pemerintahan sehingga bisa berjalan lebih ringan, cepat.

Tentu saja dengan tetap mengedepankan core values “SADA” sebagai nilai dan budaya kerja Pemerintah Kabuparen Pakpak Bharat yakni jadilah Pejabat yang Solutif, Agile, Disiplin dan amanah dalam setiap pelaksanaan tugas, penyusunan kebijaksanaan Pemerintah Daerah, melakukan evaluasi kebijakan Pemerintahan dan pembinaan Aparatur dilingkungan kerja masing-masing.

Kabupaten ini memerlukan banyak pembenahan diberbagai bidang, saya harapkan saudara segera dapat bekerja, melakukan tugas yang masih perlu pembenahan, serta membuat perencanaan srategis aras langkah yang akan ditempuh oleh Organisasi Perangkat Daerah yang akan saudara pimpin, pesan bupati kemudian.

Selamat bekerja saudara-saudara semua, saya berpesan supaya kita semua senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan bekerja dengan baik, profesional dan penuh tanggung jawab demi Pakpak yang sama-sama kita cintai ini, tutup Bupati.

Hadir dalam acara ini diantaranya Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd, Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh. Ridwan Budi Sulistyawan S.I.P, Kapolres Pakpak Bharat, AKBP. Rocky H Marpaung, SIK, SH, MH, Kepala Seksi Pidana Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Dairi, Azmi Novendry, SH, MH, Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny.Juniatry Franc Tumanggor serta sejumlah undangan lainnya.

Berikut nama dan Jabatan para Pejabat yang dilantik :

  • Maranatha M Padang, S.Pd, M.Si dilantik sebagai Staff Ahli Bupati Bidang Pendidikan, SDM dan Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat.
  • Sahat Parulian Boangmanalu, S.Pd, MM dilantik sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pakpak Bharat
  • Robincem Habeahan, SIP, MM dilantik sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Pakpak Bharat
  • Esra Anakampun, S.STP dilantik sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pakpak Bharat.

Dua Jabatan yang dikukuhkan yakni :

  • Drs. Bambang S Banurea, MM dikukuhkan kembali sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pakpak Bharat
  • Drs. Losmar Berutu, MM dikukuhkan kembali sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pakpak Bharat. * B1N-Mitro Manik