Bupati Zahir Tinjau Banjir Akibat Pengalihan Aliran Sungai

Bupati Batu Bara, Ir H Zahir MAP didampingi sejumlah kepala dinas terkait langsung turun ke lokasi untuk meninjau kondisi banjir. | Foto: Ist

Batu Bara-Beritasatunews.id | Banjir merendam 5 unit rumah di Lingkungan VII, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Selasa (14/03/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Banjir yang merendam kawasan tersebut akibat adanya pengalihan aliran sungai untuk pengisian kolam ikan sehingga menyebabkan alur sungai menyempit dan air sungai meluap saat hujan deras.

Bupati Batu Bara, Ir H Zahir MAP didampingi sejumlah kepala dinas terkait langsung turun ke lokasi untuk meninjau kondisi banjir. Namun Bupati Zahir tidak mempermasalahkan tindakan warga yang melakukan pengalihan aliran sungai tersebut.

“Hal itu tidak perlu dipermasalahkan dan akan kita perbaiki. Bagi warga yang punya usaha kolam ikan nanti akan diberi solusinya, yang terpenting warga tidak mengalami banjir lagi,” ungkap Bupati Zahir.

Untuk menanggulangi banjir di kawasan tersebut, Pemkab Batu Bara melalui Dinas PUTR yang bekerja sama dengan PT. Lonsum langsung membersihkan aliran sungai menggunakan alat berat escavator untuk mengantisipasi banjir susulan.

Sementara itu, salah seorang korban banjir Abdurrohim Siregar mengaku senang karena Bupati Zahir akan mengembalikan kondisi sungai seperti semula.

Pemkab Batu Bara juga telah menyediakan Posko kesehatan untuk layanan berobat serta memberikan bantuan sembako kepada korban banjir.

Turut hadir dalam peninjauan banjir tersebut, Kepala BPBD Batu Bara Achmadan Choir, Plt. Kepala Dinas Kesehatan PPKB dr. Deni Syahputra, Kasat Pol PP Batu Bara Rahman Hadi, Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi, Camat Lima Puluh Rahmad Khaidir dan Lurah Lima Puluh Kota Roby Gunawan Wibisono. * B1N-Samri Sinaga/Sudarno