Palu  

Hidupkan Literasi ABH, LPKA Palu Terima Buku dari Komunitas Duta Baca Sulteng

Hidupkan Literasi ABH, LPKA Palu Terima Buku dari Komunitas Duta Baca Sulteng

Palu-Beritasatunews.id | Hidupkan Literasi Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu terima Buku dari Komunitas Duta Baca Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (27/3/2024).

Pemberian buku bacaan ini bertujuan untuk memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada anak binaan lewat kegiatan Books Charity, untuk hidupkan literasi ABH.

Bertempat di ruang kerja, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun yang didampingi Kepala Seksi Pembinaan, Ida Bagus, menyambut baik kedatangan Ketua Komunitas Duta Sulteng, Asriyanti beserta 8 orang mahasiswa/i Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Revanda mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada para anak binaan, dengan penambahan jumlah buku ini semoga seluruh anak binaan semangat dalam memperluas wawasan membacanya.

“Dengan rasa syukur, Pojok baca LPKA Palu kembali mendapat bantuan Buku bacaan bagi para anak binaan. Hal ini dapat mendorong anak binaan untuk lebih meningkatkan aktivitas membaca. Dengan adanya penambahan buku, saya berharap anak-anak dapat mengisi aktivitas sehari-sehari mereka dengan asupan pengetahuan agar waktu mereka bernilai dengan ilmu,” ucapnya.

Senada, Asriyanti pun berharap agar Books Charity ini dapat Menghidupkan budaya literasi para anak binaan. Lewat cara ini, beliau berharap dapat mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kemampuan literasi pengetahuan, keterampilan, dan keahlian yang baik.

“Sejumlah buku ini juga merupakan sumbangsi yang diberikan Gramdeia Palu. Pastinya untuk mendukung minat baca bagi anak binaan di LPKA Palu,” ungkap Asriyanti

“Kecakapan hidup bersumber dari kemampuan dalam memecahkan masalah melalui kegiatan berpikir kritis. Individu dengan kemampuan literasi yang baik, memiliki peluang besar untuk sukses di pasar kerja. Ini yang kita harapkan agar para anak binaan ketika selesai menjalani masa pidana mampu berdaya saing serta menjadi salah satu generasi emas pelopor bangsa di masa depan,” harapnya.

Kegiatan seperti ini pun di dukung baik oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah. Hermansyah Siregar selaku Kepala Kantor Wilayah berpesan agar setiap Lapas/Rutan/LPKA dapat menjalin hubungan baik dengan mitra kerja demi memberikan pembinaan dan pelayanan yang berkualitas untuk seluruh warga binaan/anak binaan demi mewujudkan  Kemenkumham Sulawesi Tengah Naheba.

Untuk diketahui, kegiatan penyerahan Books Charity kurang lebih 100 buku bacaan dengan berbagai jenis buku yang langsung didistribusikan ke Pojok Baca LPKA Palu.* B1N-Rel