Dairi  

Kehadiran Sulang Silima Marga Angkat Harus Jaga Eksistensi Budaya Pakpak

Kehadiran Sulang Silima Marga Angkat Harus Jaga Eksistensi Budaya Pakpak

Dairi-Beritasatunews.id | Bupati Dairi Eddy Berutu saat menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Adat Sulang Silima Marga Angkat mengatakan, kehadiran Sulang Silima Marga Angkat harus menjaga eksistensi budaya Pakpak.

“Sebagai lembaga adat yang sudah terbentuk lama sejak tahun 1980, saya mengajak Marga Angkat mempertahankan eksistensinya demi kepentingan masyarakat. Tidak lupa saya mengajak semua marga angkat untuk senantiasa proaktif melestarikan budaya selaras perkembangan zaman dengan berkolaborasi dengan komunitas sejenis baik didaerah, nasional bahkan seluruh dunia”.

Hal tersebut disampaikan Bupati Dairi saat menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Adat Sulang Silima Marga Angkat Sedunia periode 2024-2029 yang digelar di pelataran Gedung Djauli Manik, Sabtu (3/2/2024).

Dijelaskan Eddy Berutu, harmoni keberagaman jadi landasan kita sehingga kehadiran lembaga Sulang Silima Marga Angkat merupakan salah satu kekayaan budaya secara khusus suku Pakpak Sulang Silima perlu dijaga dan dilestarikan.

“Kehadirannya (Sulang Silima Marga Angkat) harus membawa kontribusi yang besar bagi pembangunan bangsa terlebih karena marga Angkat adalah marga (anak) tertua dari Sipitu Marga dari Sicike-cike sehingga diharapkan mampu menjadi teladan bagi marga Pakpak lain,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan harapannya, lembaga yang akan dipimpin oleh Drs. Dunggar Angkat hingga tahun 2024 mendatang ini dapat menumbuhkan silaturahmi dengan program yang telah disusun dengan bermitra dengan pemerintah.

“Meskipun tidak mudah tapi saya akan membantu aspirasi tersebut. Mari kita ayomi semua marga Angkat, rangkul dan ajak untuk tetap menjaga kelestarian budaya, bermitra dengan pemerintah dari segala lini hingga ke jenjang terbawah,” katanya.

Tahun 2024,Tahun Istimewa

Secara khusus bupati menyampaikan bahwa tahun 2024 jadi tahun istimewa dimana masyarakat berkesempatan menentukan arah masa depan bangsa lewat Pemiliham umum (Pemilu) baik daerah, provinsi dan nasional.

“Persiapkan diri, Kabupaten Dairi sudah menjadi daerah dengan partisipasi Pemilu tertinggi, namun tetap rukun dan damai. Jadi, Siapapun yang kita pilih haruslah yang mampu mengayomi dan menjaga kerukunan itu. Kiranya Tuhan beserta kita sehingga tahapan demi tahapan Pemilu mampu membawa Indonesia lepas dari garis kemiskinan, masyarakat jadi sejahtera,” katanya mengakhiri.

Kegiatan ini dirangkai juga dengan pelantikan pengurus Generasi Muda Marga Angkat (Gemang).

Turut hadir unsur Forkopimda mewakili Dandim 0206 Dairi, mewakili Kapolres Dairi, Tugono, Ketua MUI, Wahlin Munthe. Hadir juga mendampingi bupati, Kepala Inspektorat Edy Banurea, Kepala Disparbudpora Dairi Rahmat Syah Munthe, Kepala Bapenda, Fatimah Boang Manalu, Camat Sinehu, Koko Mulyanto Angkat, Tokoh Masyarakat Sulang Silima Sipitu Marga, Penasehat Sulang Silima Marga Angkat, Abdul Angkat, Ketua Gemang, Erwin Angkat, Perwakilan Organisasi Masyarakat dan undangan lainnya. * B1N-Edi Manto Manik