Pakpak Bharat Sebagai Kabupaten Layak Anak Dilaunching

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor secara resmi melaunching Kabupaten Pakpak Bharat, sebagai salah satu Kabupaten Layak Anak (KLA) bertempat di Gedung Bale Sada Arih, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat, Senin (20/03/2023). | Foto: Ist

Pakpak Bharat-Beritasatunews.id | Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor secara resmi melaunching Kabupaten Pakpak Bharat, sebagai salah satu Kabupaten Layak Anak (KLA) bertempat di Gedung Bale Sada Arih, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat, Senin (20/03/2023).

Turut hadir, Wakil Bupati H Mutsyuhito Solin Dr MPd, Ny Juniatry Franc Tumanggor yang juga Ketua TP PKK Pakpak Bharat, unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD jajaran Pemkab Pakpak Bharat serta tamu undangan lainnya.

Franc Bernhard Tumanggor memukul gong penanda diresmikannya Kabupaten Pakpak Bharat sebagai salah satu Kabupaten Layak Anak di Republik Indonesia.

Seperti diketahui, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) kepada sejumlah daerah yang dinilai telah melakukan upaya dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan anak dari keseluruhan klaster.

Kabupaten Layak Anak adalah kabupaten dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

“Kita telah raih sebuah prestasi dimana Kabupaten Pakpak Bharat dinyatakan sebagai salah satu Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama, biasanya mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan, maka oleh karenanya, mari kita semua berjibaku dan bekerja sama, supaya prestasi ini tidak hanya sekedar dipertahankan, namun harus bisa kita tingkatkan dimasa datang,” ucap Frnac Bernhard Tumanggor dalam sambutannya.

Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama, yang kita raih tahun lalu sebagai bentuk apresiasi bagi upaya pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Pakpak Bharat,” ucap Bupati.

“Kita patut berbangga hati, dalam usia Kabupaten Pakpak Bharat saat ini kita telah mendapatkan pengakuan sebagai Kabupaten yang mampu memenuhi hak-hak dasar bagi anak. Kalau bisa tahun ini (2023-red) KLA kita raih kategori madya,” harap dia.

Kita semua pastinya sepakat bahwa SDM unggul di masa depan harus dipersiapkan secara khusus melalui sebuah sistem dan strategi yang mampu mendukung terpenuhinya hak-hak anak, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal serta terlindungi dari berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi, lanjutnya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut maka kebijakan Kabupaten Layak Anak wajib dilaksanakan,” tutup Franc Bernhard Tumanggor.

Bersamaan dalam acara ini, Franc Bernhard Tumanggor menyerahkan Sertifikat Konvesi Hak Anak kepada seluruh pihak yang turut ambil bagian dalam upaya mendukung Kabupaten Pakpak Bharat sebagai Kabupaten Layak Anak. * B1N-Mitro Manik