Dairi  

Supervisi PKK di Kecamatan Sidikalang, Romi Mariani: Pemahaman Tentang PKK Perlu Ditingkatkan

Supervisi PKK di Kecamatan Sidikalang, Romi Mariani: Pemahaman Tentang PKK Perlu Ditingkatkan

Dairi-Beritasatunews.id | Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Dairi melakukan Supervisi PKK kepada anggota Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kecamatan Sidikalang, di kantor Kecamatan Sidikalang, Jumat (15/3/2024).

Supervisi PKK tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romi Mariani Simarmata Eddy Berutu, Sekretaris PKK Dairi Meri Iswan Togatorop, Ketua Pokja I PKK Dairi Sela Bancin, dan Ketua Pokja III Kesti Angkat.

Dalam sambutannya Romy Mariani Eddy Berutu mengatakan, dalam menjalankan tugas sebagai Ketua Tim Penggerak PKK selama 4 tahun, PKK desa maupun kecamatan kurang optimal menjalankan tugas dengan baik karena minimnya anggaran.

Oleh karena itu Romy Mariani berharap kepada instansi terkait yang menaungi PKK, terlebih dahulu memberikan pengarahan kepada Kepala Desa akan pentingnya peran PKK dalam masyarakat.

Hal itu dikarenakan PKK mendukung program pembangunan di desa maupun kecamatan serta kabupaten yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Anggaran yang sudah ditentukan harus dikelola dengan baik. PKK tidak hanya kegiatan arisan saja, namun program yang sesungguhnya adalah program yang ada kaitannya dengan pembangunan di desa maupun kecamatan.

Salah satu pembangunannya adalah pembangunan keluarga yang merupakan bagian terkecil dalam masyarakat. Saya banyak turun ke desa, namun masih banyak yang belum paham tentang PKK,” kata Romy Mariani Eddy Berutu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi ini juga berharap, dengan Supervisi PKK ini akan menjadi semangat baru dalam mewujudkan 10 program PKK, dan dapat menjadi motor penggerak utama bersama dengan pemerintah dan stakeholder dalam mewujudkan pembangunan.

“Tahun 2024 ini PKK Kabupaten akan intens untuk melakukan pembinaan ke kecamatan maupun desa, tidak akan ada perlombaan desa seperti yang dilaksanakan di tahun sebelumnya,” ucap Romy Mariani.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Simon Tony Malau mengatakan, untuk mendukung kegiatan yang dilakukan PKK baik kecamatan maupun desa, tentunya harus didukung oleh anggaran. Dengan anggaran yang cukup, anggota PKK dapat berkreasi untuk menjalankan programnya, kata Simon Tony.

“Ada manfaat dan progres yang berdampak kepada masyarakat dari kegiatan PKK ini, salah satu dampaknya adalah kesejahteraan meningkat secara perlahan. Sebagai instansi pembina, Dinas PMD selalu hadir dalam setiap pembinaan untuk memberikan dukungan terhadap PKK,” kata Kepala Dinas PMD.

Turut hadir dalam supervisi PKK yakni Camat Sidikalang Abdimar Tamba, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sidikalang Tiodora Abdimar Tamba, dan Ketua Pokja IV Imelda Purba. * B1N-Edi Manto Manik