Aceh  

Tokoh Masyarakat Desak Kejagung dan Kejati Aceh Copot Kejari Aceh Singkil

Aceh Singkil – Beritasatunews.id | Tokoh masyarakat dari Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil akan turun gunung apabila persoalan Kejari Aceh Singkil tidak direspon atau diabaikan terkait laporan masyarakat Aceh Singkil di Kejaksaan Tinggi Aceh.

“Kami meminta kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dan kepada Kejaksaan Tinggi(Kejati) Aceh, mencopot Kepala Kejaksaan Negeri (kejari) Aceh Singkil, Muhammad Husaini,” kata Bustami Pohan, Selasa (27/9/2022).

Desakan ini kami sampaikan diduga kuat kejari mengintervensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil terkait dengan anggaran APBK Rp8 miliar lebih untuk pembangunan gedung kantor dan Perumahan Kejari Aceh Singkil.

“Kami menuding intervensi ini membuat jajaran Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Singkil ketakutan untuk bekerja dan berujung pada terhambatnya pembangunan di Aceh Singkil. Maka dari itu, kami tokoh masyarakat minta dengan sangat kepada Kejagung RI dan kepada Kejati Aceh agar segera mencopot kejari Aceh Singkil sebelum kami turun gunung,” tegas kordinator itu.

Sebelumnya diberitakan, Aliansi Mahasiswa Pemerhati Aceh Singkil (AMPAS) dan LMR-RI komda Singkil Subulussalam mendesak kejati di Aceh mencopot Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Muhammad Huseini.

Diduga kuat mengintervensi Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil terkait dengan dana hibah yang telah menguras anggaran APBK senilai Rp8 miliar lebih. Sedangkan dengan segitu besar anggaran bisa memakmurkan khususnya masyarakat Aceh Singkil umumnya dan bisa mengurangi angka kemiskinan di Aceh singkil. * B1N-Wahyudi