Bupati Solok Apresiasi Festival Kesenian Manyonsong Alek Gadang Tigo Nagari Muaro Paneh

Manyonsong Alek Gadang Tigo Nagari
Manyonsong Alek Gadang Tigo Nagari

ArosukaBeritasatunews.id | Bupati Solok, H Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo M Mar membuka secara resmi festival kesenian Manyonsong Alek Gadang Tigo Nagari yang dipusatkan di lapangan Limau Puruik, Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Sabtu (19/3/22).

Kegiatan ini dipelopori ‘parik paga’ Nagari Muaro Paneh, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, KAN serta Dewan Kesenian Kabupaten Solok.

Bupati Solok dalam sambutanya merasa senang bisa hadir di Nagari Muaro Paneh dalam rangka membuka festival kesenian Manyonsong Alek Gadang Tigo Nagari Muaro Paneh.

“Festival ini merupakan momentum membangkitkan seni tradisi daerah dan kebersamaan dalam membangun daerah. Semangat dan kepedulian masyarakat terhadap daerah sangat tinggi,” kata Bupati Solok.

Dianya juga berjanji akan selalu memperhatikan kesenian di Kabupaten Solok, serta akan menganggarkan dana untuk dewan kesenian pada anggaran perubahan tahun 2022.

Di waktu yang sama, bupati turut memberikan bantuan dana sebesar Rp25 juta sebagai dukungan kegiatan pengembangan seni dan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Solok, Edi Satri mengatakan, festival kesenian Manyonsong Alek Gadang Tigo ini sudah dipersiapkan sejak empat bulan lalu, bekerja sama dengan parik paga Nagari Muaro Paneh dan Lembaga KAN.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sudah yang ketiga kali dilaksanakan, pertama di tahun 2019, 2020 dan 2022 ini.

Edi Santri mengatakan, semarak festival diawali dengan arak-arakan pawai budaya. Pawai diawali dari balai-balai adat Nagari Muaro Paneh, hingga lapangan Limau Puruik, Jorong Sawah Ampang, Nagari Muaro Paneh.

“Semoga di bawah kepemimpinan bupati, perhatian terhadap pelaku seni dan budaya tetap ada. Jika panggung seni dan budaya sepi, bisa-bisa seni budaya kita tinggal nama,” kata Edi.

Di tempat yang sama, ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Muaro Paneh, Elson Dt. Gamuyang mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang bersedia hadir di sela kesibukan beliau di acara festival kesenian ini.

Ia menyebutkan, lembaga adat siap mendukung pengembangan seni dan budaya di Kabupaten Solok. Begitu juga dengan pembangunan daerah.

“Kami siap bersama-sama membangun nagari, membangun Kabupaten Solok, Mambangkik Batang Tarandam sebagaimana dicita-citakan oleh bupati,” tutup Elson.

Tampak hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, Wakil Ketua DPRD Ivoni Munir, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Camat Bukit Sundi Drs. H. N. Effyardi, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Kepala OPD dan Forkopimcam Bukit Sundi. * B1N-Ys