Posko Layanan Pemkab Solok Juga Hadir Buat Korban Gempa

Posko Layanan Pemkab Solok Juga Hadir Buat Korban Gempa

Kabupaten Solok Beritasatunews.id | Tim tanggap darurat Posko Layanan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok juga telah hadir membantu menangani bagi korban yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat.

Keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Zulhendri, SKM, satu hari pasca kejadian gempa, tim kemanusiaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Solok telah mendirikan Pos Komando layanan kesehatan di Kabupaten Pasaman Barat.

Diperkirakan kegiatan tersebut akan berjalan sampai masa tanggap darurat selesai. Pelayanan bagi mengalami cidera, luka ringan, kepada ibu hamil (Bumil) dan bayi lima tahun (Balita).

Khusus Bumil dan Balita rentan terserang penyakit menular pasca terjadinya musibah ini.

“Kita memaksimalkan sanitasi bagi warga yang terdampak disekitar pengungsian warga,” ujarnya.

Masa masa tanggap darurat, tim yang ditugaskan Dinkes melakukan pengawasan terkait pengolahan gizi, baik pengolahan di tingkat dapur umum maupun pengawasan terkait kebutuhan gizi khusus pada kelompok-kelompok rentan tertentu, seperti Ibu hamil anak Balita dan orang lanjut usia.

Menghadapi ini Dinkes berkonstribusi atas Ada dua Posko layanan kesehatan. Posko layanan induk berdekatan dengan kantor Bupati sementara untuk layanan langsung kita lakukan secara mobile ke jorong-jorong yang ada di Nagari Kajai Pasaman Barat.

“Dua Posko layanan kesehatan darurat di Pasaman Barat, Pemkab Solok melengkapi dengan mobil ambulance, obat-obatan lengkap serta tenaga medis dan dokter yang menangani keluhan warga yang terdampak,” ujar Zulhendri, Senin (28/02/2022) kepada wartawan. * B1N-Ys