Produksi Air Kemasan Gelas Merk AK-36 Berkonstribusi Harumkan Nama Ibukota Arosuka

Kabupaten Solok-Beritasatunews.id |  Air minum kemasan dalam gelas dengan merek AK-36 singkatan dari Air Kayu Aro kembali berproduksi untuk memenuhi selera konsumen di pangsa pasar. 

Dengan hadirnya AK-36 yang berlokasi di Kayu Aro, dekat pusat Pemerintahan Kabupaten Solok di Arosuka, niscaya selain memberikan konstribusi untuk mengharumkan ibukota ‘Bareh Tanamo’ itu, sekaligus memperluas ketenaran Arosuka keluar daerah.

Sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Solok dengan ibukota Arosuka, kata Arosuka merupakan padanan dua kata dari asal nama jorong, yaitu jorong Kayu Aro dalam Nagari Batang Barus dan Jorong Sukarami di Nagari Koto Gaek Guguak.

Ketika Bupati Gamawan memindahkan pusat pemerintahan Kabupaten Solok dari Kotobaru yang bertempat di Kota Arosuka (sekarang), ternyata terletak diantara dua jorong serta dua nagari dalam kecamatan Gunungtalang. Yaitu dari kata Aro singkatan dari padanan kata kayu Aro sedangkan Suka asal kata dari Sukarami.

Arosuka sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Solok, juga dikenal dengan ikon tugu ‘Ayam Kukuak Balenggek’. Jika orang menyebut tugu ayam, iya sudah pasti di Arosuka.

Sebagai pusat pemerintahan, tempat bupati Solok ‘bersinggasana’, disana juga ada rumah dinas bupati dan wakil bupati Solok, termasuk rumah dinas Ketua DPRD.

Kota Arosuka sekarang semakin bersemarak, bak anak gadis menjelang gadang (besar-red). Ia bersolek berdandan membenahi diri, demikian pula Kota Arosuka, bertumbuhan sarana penunjang, termasuk pabrik dan perusahaan serta bermacam geliat pembangunan lainnya.

Selain berbagai property pembangunan Perumnas dengan berbagai nama, serta toko-toko dan perkedaian penyemarak sebuah kota, perusahaan air minum baku isi ulang merupakan sumber daya alam terbesar dari daerah tersebut.

Adalah ketika di malam hari Kota Arosuka sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Solok selain disinari lampu-lampu terang, juga dilengkapi vidiotron dekat tugu ayam, serta diperlengkapi penerangan jalan umum (PJU) sepanjang trotoar ibukota untuk mempercantik indahnya sebuah kota.

Dengan keberadaan perusahaan Internasional Aqua Danone dekat pusat kota Arosuka, tatkala malam lampu-lampunya terang benderang membuat semarak indahnya dekat pusat ibukota, Arosuka.

Apalagi sekarang hadir pula perusahaan air galon isi 19 liter dan air kemasan (gelas-red) cup 220 ml bernama Ak-36 semakin membesarkan nama Arosuka ke seantero daerah. Adalah tempat berproduksi AK-36, hanya berjarak sekitar 400 meter arah ke Padang dari pusat pemerintahan Kabupaten Solok Arosuka. Tepatnya menjelang gang masuk pada kompleks perumahan Vila Garden.

Perusahaan tersebut dikelola oleh putra daerah Kayu Aro, dengan mempekerjakan karyawan notabene gerenasi muda setempat.

“Saya ketika mengelolas usaha ini, juga berniat membantu anak kemenakan dan orang kampung sendiri”,tutur Syahrial selaku Komisaris Utama dalam bincang lepas bersama wartawan ini.

Santer sudah bahwa air baku dengan bertebarannya depot air minum yang dikelola putra daerah Kayu Aro, sebagai sumber air bersih dari pegunungan Gunungtalang, berpuluh bahkan beratus unit mobil tanki air yang diangkut dari Kayu Aro (Arosuka), baik ke Kota Padang sampai Sijunjung.

Justru dengan olahan produksi kemasan air gelas oleh putra daerah menjadi sebuah kesuksesan dan kebanggaan bagi warga Solok.

“Aqua bisa berdiri di Kayu Aro, menandakan air kita bagus, kenapa tidak ini sebuah peluang kita dalam pengembangan produksi air mineral berupa gelas, sampai botol akan dikelola oleh anak nagari sendiri, terutama di pusat pemerintahan Kabupaten Solok Arosuka.

Dalam proses kemasan gelas yang sudah kita pasarkan, Alhamdulillah mendapat tempat dari konsumen. Dan kita sedang dalam proses perizinan menuju pembuatan dalam kemasan berbentuk botol, ujarnya.

Seperti dirasakan, air kemasan gelas bermerk AK-36, memang sangat terasa sensasi sejuknya kala di minum. Karena bersumber dari mata air Pegunungan Gunung talang yang murni. Apalagi pengelolaan dari produksi AK-36 yang diproses dengan system terbaik, yaitu RO System.

Silahkan coba kesegarannya, dan bisa didapatkan pemesanannya melalui No.0852.7445.2004 atas nama Rozy Direktur AK-36 atau bisa datang langsung ke pabrik, di gerbang Kompleks Vila Garden Arosuka. * B1N-Ys