Dairi  

Tahun 2023 Kementan Berikan Bantuan Bibit Jagung untuk 2.000 Ha, Padi 1000 Ha, Sorgum 20 Ha

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi kepada Bupati Dairi Eddy Berutu saat panen jagung bersama di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Tigalingga sekaligus melakukan penanaman sorgum di Demonstrasi Plot (Demplot) Lau Mil, Jumat (9/12/2022). (Foto : Ist)

Dairi – Beritasatunews.id | Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia tahun 2023 akan memberikan 3 item bantuan untuk pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Dairi. Bantuan yang akan diberikan ada bibit jagung untuk 2000 hektar (Ha), bantuan bibit padi untuk 1000 ha, dan bantuan penangkar sorgum 20 ha.

Bantuan tersebut pun sudah diserahkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi kepada Bupati Dairi Eddy Berutu saat panen jagung bersama di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Tigalingga sekaligus melakukan penanaman sorgum di Demonstrasi Plot (Demplot) Lau Mil, Jumat (9/12/2022).

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi menyatakan Kabupaten Dairi luar biasa pertaniannya, tanahnya subur dan masyarakat terbiasa dengan pertanian. Untuk itu, sektor pertanan perlu dikembangkan lagi segingga Kabupaten Dairi pemasok pangan nasional.

Sektor pertanian yang dikembangkan adalah jagung, padi, sorgum.

Secara terbuka, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi bersyukur dan mengapresiasi komitmen Bupati Eddy Berutu untuk mengembangkan pertanian.

“Ini (Bupati) demikian gencarnya mengembangkan pertanian. Bupati datang berkali-kali ke tempat saya untuk mencari jalan mengembangkan sektor agri unggul di Kabupaten Dairi untuk bisa surplus di semua sektor,” kata Harvick Hasnul Qolbi..

Wamentan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas dukungannya soal pengembangan pertanian di berbagai jenis tanaman.

“Syukur alhamdulilah inflasi negara kita kecil. Terus Dairi sendiri juga surplus produk hortikultura, tanaman pangan, perkebunannya, ini luar biasa. Saya kira ini bisa sebuah prestasi, pak Bupati bisa merubah lahan ini,” kata Wamentan.

Sementara Bupati Dairi mengatakan sangat menyambut dan bekerja keras untuk memenuhi arahan bapak Presiden, Menteri Pertanian dan Wamentan untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Dairi.

“Di Dairi beberapa komoditi memang surplus yang biasanya membuat inflasi, tetapi kami terus bekerja agar bisa membantu dan mensuplai daerah lain yang membutuhkan komoditi kami seperti cabai, kentang, kubis dan jagung,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai dengan arahan bapak Wamentan kami siapkan lahan untuk Demplot sorgum dan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT). “Dan kami bersyukur kami dapat menyiapkan lahan untuk Demplot sorgum di Lau Mil dan KPT jagung di Kecamatan Tigalingga dan Tanah Pinem..

“Untuk sorgum, kami masih belajar. Tapi untuk jagung petani sudah terbiasa,” katanya.

Program 2023

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Robot Simanullang, Rabu (14/12/2022) membenarkan adanya bantuan yang akan dikucurkan oleh Kementerian Pertanian.

Menurut Robot Simanullang, bantuan bibit jagung untuk 2000 hektar, bibit padi untuk 1000 hektar, dan penangkaran bibit sorgum 20 hektar. Namun menurut dia, bantuan tersebut akan dikucurkan pada tahun 2023.

Dijelaskan Robot Simanullang bantuan tersebut adalah sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mewujudkan Agri Unggul.

“Saya lihat dan saksikan langsung bapak Bupati bolak-balik ke Jakarta untuk mengusulkan program itu. Saya beberapa kali ikut mendampingi Beliau. Nah, kita bersyukur tahun ini kita dapat bantuan bibit. Semoga bantuan ini segera datang. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar program Agri Unggul ini bisa terwujud,” katanya. * Edi Manto Manik