Indonesia Dikalahkan Thailand 4-0

oleh -75 views
Indonesia Dikalahkan Thailand 4-0
Foto: Ist

SingapuraBeritasatunews.id: Timnas Indonesia dikalahkan Thailand 4-0 pada leg pertama Final Piala AFF 2020, yang digelar di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021).

Pertandingan baru berjalan dua menit, tim Thailand langsung mengubah kedudukan menjadi 0-1 berkat gol yang dicetak Chanathip Songkrasin.

Chanathip Songkrasin yang berada di dalam kotak penalti berhasil menyambut umpan dari Philip Poiler.

Tendangan kerasnya yang diarahkan ke sisi pojok gawang tidak bisa dibendung penjaga gawang Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata.

Unggul 0-1 tidak membuat Thailand mengendurkan serangan. Pada menit ke-13, tembakan Bhordin Phala hampir saja menambah keunggulan Thailand.

Beruntung, masih ada Asnawi Mangkualam yang bisa menutupi kegagalan antisipasi dari Nadeo Argawinata.

Bola muntah sempat mengarah ke Yusef Elias Dolah, namun sundulan bolanya masih berada di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-35, Timnas Indonesia lewat kaki Asnawi Mangkualam sempat mengancaman pertahanan Thailand, namun usaha dari Asnawi hanya menyamping di sisi kanan gawang.

Lima menit berselang, Witan Sulaeman melakukan akselerasi di sisi kanan lapangan dan kemudian mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti.

Alfeandra Dewangga yang tanpa pengawalan langsung menyambut umpan dari Witan Sulaeman, akan tetapi sepakannya malah melambung tinggi.

Pada menit ke-47, Bhordin Phala memiliki ruang untuk melakukan tendangan ke arah gawang. Beruntung, Nadeo Argawinata dengan sigap mengamankan usaha dari Bhordin Phala.

Hingga turun minum babak pertama, Thailand unggul dengan skor 0-1.

Pada menit ke-52 babak kedua, lagi-lagi Chanathip Songkrasin memperlebar jarak menjadi 0-2. Serangan balik mematikan Thailand sukses membuahkan hasil.

Suparchok Sarachat yang mengirimkan umpan ke Chanathip Songkrasin bisa diselesaikan dengan matang.

Tendangan keras Chanathip Songkrasin yang dijuluki messi-nya Thailand itu, kembali tidak bisa diantisipasi Nadeo Argawanita.

Pada menit ke-61, Ricky Kambuaya mengirimkan umpang matang kea rah Irfan Jaya yang terlihat bebas dari pengawasan.

Namun, sepakan Irfan Jaya yang berada di dalam kotak penalti bisa dihalau penjaga gawang Thailand, Siwarak Tedsungneon.

Akhirnya pada menit ke-67, Thailand kembali sukses menambah keunggulan menjadi 0-3 melalui kaki Supachok Sarachat.

Philip Poiler yang menyisir di sisi kanan lapangan, kemudian mengirimkan umpan kepada Supachok Sarachat yang membuka ruang pertahanan Indonesia.

Alhasil tembakan kerasnya dari luar kotak penalti mampu menggetarkan jala gawang Timnas Indonesia.

Memasuki menit ke-74, Thailand melakukan pergantian di posisi penjaga gawang. Siwarak Tedsungneon keluar dan digantikan oleh Kawin Thamsatchanan.

Dedik Setiawan gagal mengelabui wasit saat dijatuhkan di dalam kotak penalti Thailand. Pemain Arema FC itu diganjar wasit dengan kartu kuning, karena dianggap melakukan diving.

Pada menit ke-83, gol keempat Thailand akhirnya bersarang ke gawang Timnas Indonesia, kali ini lewat kaki Bhordin Phala.

Kritsada Kaman yang melihat pergerakan Bhordin Phala, langsung mengirimkan umpan matang. Dengan tenang akhirnya Bhordin Phala melakukan eksekusi dan melengkapi gol penutup Thailand.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, Timnas Indonesia dikalahkan Thailand dengan skor 4-0.

Skuad Garuda masih memiliki asa untuk membalas kekalahan pada Leg II yang akan digelar di National Stadium Singapore, pada Sabtu, 1 Januari 2022 mendatang. * dc/B1N-Zal