Sport  

Thailand Juara Piala AFF 2020, Indonesia Runner-up

Thailand Juara Piala AFF 2020, Indonesia Runner-up
Foto: Istimewa

SingapuraBeritasatunews.id: Thailand juara Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Timnas Indonesia dengan agregat 2-6 pada leg 2 Final AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1/2022).

Timnas Indonesia mampu mengimbangi Thailand dengan skor 2-2, namun Skuat Garuda kalah agregat 2-6 sehingga menjadikan Indonesia Runner-up Piala AFF 2020. 

Pada menit ke-7 babak pertama pertandingan, Witan Sulaeman dijatuhkan Kritsada Kaman, namun wasit mengabaikan.

Tak lama berselang, berkat umpan dari Witan Sulaeman, tendangan Ricky Kambuaya gagal diantisipasi sempurna kiper Siwarak Tedsungnoen. Bola lepas dan melewati garis gawang, Indonesia unggul 1-0.

Memasuki 30 menit pertandingan babak pertama, Thailand memperlambat tempo permainan. Sementara Indonesia belum bisa memberikan ancaman berarti bagi Thailand.

Pasukan Gajah Perang Thailand mulai panik menghadapi tekanan Timnas Indonesia.

Pada menit ke-34, gelandang Thailand, Bordin Phala mendapat kartu kuning usai melanggar Ricky Kambuaya. Tendangan bebas Alfeandra Dewangga berbuah sepak pojok.

Lemparan bola ke dalam yang dilakukan Pratama Arhan, membuat Siwarak Tedsungnoen kembali melakukan blunder.

Thailand hampir kembali mencetak gol cepat. Bordin Phala dijatuhkan Asnawi Mangkualam di area terlarang, tapi wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Thailand Juara Piala AFF 2020, Indonesia Runner-up
Susunan Pemain. (Foto: Istimewa)

Pasukan Gajah Perang Thailand langsung membalas. Beruntung tendangan ganda Teerasil Dangda tidak berbuah gol.

Tak berselang lama, Thailand mendapat tendangan bebas di area berbahaya. Theerathon Bunmathan yang jadi eksekutor melepaskan tembakan ke arah gawang, namun masih membentur tiang gawang.

Pasukan Gajah Perang lalu mendapat dua tendangan penjuru beruntun. Bola liar jatuh di kaki Supachok Sarachat, beruntung tendangannya hanya mengenai mistar.

Begitu juga tendangan jarak jauh Thanawat Suengchitthawon, masih bisa dimentahkan kiper Nadeo Argawinata. Peluit panjang wasit mengakhiri babak pertama dengan keunggulan skor 1-0 untuk Timnas Indonesia.

Memasuki babak kedua pada menit ke-46, Thailand melakukan pergantian pemain. Penyerang Teerasil Dangda keluar dan digantikan Adisak Kraisorn.

Gelandang Thanawat Suengchitthawon keluar digantikan oleh Phitiwat Sukjitthammakul.

Begitu juga pemain bertahan Pawee Tanthatemee keluar dan digantikan gelandang Weerathep Pompan.

Pada menit ke-52 gelandang Thailand, Weerathep Pomphan melakukan pelanggaran keras menggunakan siku terhadap Witan Sulaeman. Pomphan hanya diganjar wasit dengan kartu kuning.

Pada menit ke-54, Thailand menyamakan kedudukan melalui penyerang Adisak Kraisorn menyusul kegagalan timnas membuang bola dari kemelut gawang. Pasukan Gajah Perang Thailand unggul dengan agregat 5-1.

Timnas Indonesia mulai kehilangan momentum dan terlihat panik. Kembali pemain sulit lepas dari tekanan.

Hasilnya pada menit ke-56, atau dua menit usai gol pertama berselang, Asnawi Mangkualam melakukan gol bunuh diri akibat salah mengantisipasi tendangan dari Sarach Yooyen. Skor berubah menjadi 2-1 untuk kemenangan Thailand.

Pada menit ke-59 Timnas Indonesia melakukan pergantian pemain. Gelandang Ramai Rumakiek keluar dan digantikan penyerang Irfan Jaya. Begitu juga penyerang Dedik Setiawan digantikan oleh penyerang Hanis Saghara Putra.

Thailand Juara Piala AFF 2020, Indonesia Runner-up
Statistik Permainan. (Foto: Istimewa)

Timnas Indonesia mendapat tendangan penjuru. Tandukan Alfeandra Dewangga hasil umpan silang Pratama Arhan hanya melebar. Beberapa menit berselang, tendangan Hanis Saghara melambung jauh dari gawang.

Thailand bermain sabar dan menguasai bola menerobos pertahanan Indonesia. Pada menit ke-71 gelandang Bordin Phala keluar dan digantikan pemain bertahan Philip Roller.

Dua menit berselang atau menit ke-73, pemain bertahan Asnawi Mangkualam mendapat kartu kuning usai melanggar Theerathon Bunmathan.

Begitu juga kapten Thailand Chanathip Songkrasin juga diganjar wasit dengan kartu kuning karena memprotes terlalu keras.

Indonesia kemudian pada menit ke-74 menarik gelandang Rachmat Irianto dan memasukkan Evan Dimas.

Hasilnya, serangan timnas berbuah gol pada menit ke-80 berkat Egy Maulana Vikri yang lolos dari bek lawan. Egy melepas tendangan ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau kiper Thailand. Skor menjadi 2-2.

Memasuki menit ke-85, Sarach Yooyen mengalami cidera dan harus ke luar lapangan dan digantikan penyerang Jenphob Phokhi. 

Begitu juga Indonesia mengganti Hanis Saghara yang baru masuk di babak kedua, dan memasukkan Syahrian Abimanyu.

Memasuki babak injury time, Ricky Kambuaya menerobos pertahanan Thailand. Dia terjatuh, tapi wasit tidak memberi penalti. Thailand mendapat satu peluang dari Adisak Kraisorn.

Sementara itu pemain bertahan Theerathon Bunmathan mendapat kartu kuning karena melanggar Egy Maulana Vikri.

Peluit panjang wasit berbunyi, laga pun berakhir. Akhirnya Thailand juara Piala AFF 2020 untuk kali keenam.

Kemenangan tersebut mempertegas dominasi Thailand juara Piala AFF. Mereka kini sudah enam kali menjadi juara. Sebelumnya Pasukan Gajah Perang Thailand berjaya pada 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016.

Sebaliknya, ini adalah kekalahan keenam Indonesia pada final Piala AFF. Sebelumnya Tim Garuda menderita kekalahan pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. * B1N-Zal/ril