Guru Matematika Disukai Pengelola PKBM, Diangkat Jadi Kadis Pendidikan

Guru Matematika Disukai Pengelola PKBM, Diangkat Jadi Kadis Pendidikan
Zainal Jusmar SPd MM MSi dan istri. (Foto: Ist)

Selanjutnya karir Zainal terus meroket. Dia diangkat menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) pertengahan tahun 2021, dan berlanjut jadi Plt Kadis.

Sehingga sampailah ditetapkan pada Senin, 24 Januari 2022 dilantik menjadi Kepala Dinas, pada awal pemerintahan Bupati Epyardi mengangkat Sekda definitif bersama sebahagian pejabat eselon II.

Kiranya, amanah yang dipegang Zainal Jusmar, menakhodai Dinas Pendidikan sebagai OPD yang paling strategis, niscaya sangat membantu moto Bupati ‘Mambangkik Batang Tarandam’.

Seperti diketahui, pelantikan Sekda Kabupaten Solok bersama lima (5) Pejabat eselon II oleh Bupati Solok H Epyardi Asda MMAR, telah dilaksanakan pada Senin (24/1/2022) kemarin.

Ini merupakan momentum pertama pelantikan pejabat teras awal kepemimpinan Bupati Epyardi, sejak ia dilantik Gubernur Sumbar Akhir April 2021 tahun lalu.

Meski sudah ada juga pergeseran pelantikan berbagai pejabat di lingkungan Pemkab Solok, namun tidak setinggi jabatan sekarang.

Malah masih di masa kepemimpinan bupati ini, sempat jabatan Sekda di-Plt-kan kepada Edisar Asisten I, lalu pindah ke Medison Asisten II dan pada akhirnya ditetapkan Medison sebagai Sekda.

Demikian pula pejabat yang dilantik sekarang merupakan Pelaksana tugas (Plt) dan ada sekretaris pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

Malah seperti ditebak khalayak, pejabat tersebut merupakan representasi pada OPD yang mereka tempati.

Pejabat sebelumnya Plt adalah Medison, dilantik serta definitif untuk Sekda, Zaitul Ikhlas jadi Sekwan, Zainal Jusmar Kadis Pendidikan, Syoulfitri Kadis Sosial, Afrialdi Kepala BKPSDM dan kecuali hanya Elafki Kasat Pol PP sebelumnya Plt di Dinas Pariwisata. * B1N-Yas