Medan  

Kapolda Sumut Irup Pembukaan Diktuba Polri TA 2022

Kapolda Sumut Irup Pembukaan Diktuba Polri TA 2022
Foto: Istimewa

MedanBeritasatunews.id | Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi menjadi inspektur upacara (Irup) pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri TA 2022, Selasa (8/2) pukul 09.00 WIB di Lapangan Upacara Satya Haprabu SPN Hinai Polda Sumut di Desa Suka Jadi, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, AKBP Junaidi SH diikuti peserta upacara Barisan Siswa Bintara Polri TA 2022 (angkatan 46) berjumlah 361 Orang yang berasal dari Panda Polda Sumut.

Upacara Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2022 SPN Hinai Polda Sumut dengan mengambil thema “Polri Presisi Prediktif Responsilitas Transparansi Berkeadilan Mahir Terpuji Patuh Hukum”.

Tampak hadir, Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi beserta PJU Polda Sumut, Ka. SPN Polda Sumut Kombes Pol Mahedi Surindra SH, SIK beserta PJU SPN Hinai dan Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK.

Kapoldasu dalam sambutanya mengatakan, atas nama pimpinan Polri mengucapkan selamat kepada seluruh Siswa Bintara Polri TA 2022 (angkatan 46) dan berharap agar seluruh siswa dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya dan nantinya akan menjadi anggota Polri yang Mahir Terpuji Patuh Hukum dan Unggul Serta Melayani Rakyat Dengan Hati Nurani.

”Keberhasilan anda semua adalah hasil perjuangan saudara dan perjuangan orang tua saudara dan jangan lupa saudara harus bersyukur kepada Tuhan YME, Saudara jangan cepat berpuas diri, jangan sombong, dan banyaklah belajar dan berlatih agar saudara menjadi prajurit polri yang sejati,” pinta Kaoldasu.

Ditegaskan agar nantinya sebagai anggota Polri Buatlah bangga orang tua saudara, buatlah bangga Negara dan kepolisian ini.

Pada bagian lain, Kapolda mengingatkan, Kompentensi Bintara polri sangatlah penting, karena Bintara polri adalah garda terdepan di Institusi Polri. Untuk Kesiapan pasilitas kesehatan juga harus di perhatikan, agar para siswa tetap bisa mengikuti jalannya pendidikan dengan baik. Polri harus bisa menjadi contoh yang terbaik di hadapan masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat kedepannya terhadap polri semakin tinggi.

Meskipun Program Diktukba Polri TA 2022 dilaksanakan dalam masa Pandemi Covid 19. Tetap memberikan kebutuhan Pendidikan. Tetap memberikan arahan kepada para Pendidik. Menyiapkan Tim Kesehatan dari Dokkes Polda dan RS Bhayangkara sesuai standart.

Tetap menerapkan Disiplin yang tinggi dalam pendidikan dan jauhi pelanggaran, Patuhi Peraturan yg berlaku dalam pendidikan. Jalin kekeluargaan dalam menjalankan proses pendidikan, karena ada saudara kita yang mengikuti pendidikan adalah tempat kita berbagi dan melengkapi.

Akhirnya Jenderal Bintang dua itu berpesan, tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga para siswa bisa mengikuti pendidikan dengan baik sampai dilantik nantinya.

Kapolda Sumut membenarkan bahwan panitia seleksi menggunakan Prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel) benar-benar dilaksanakan sehingga yang berkualitas yang tetap akan lulus menjadi anggota Polri. Kepada para siswa diminta agar berjuang dengan baik ikuti pendidikan selesaikan tugas sebagai anggota Polri sampai pensiun.

Acata berlangsung hidmad dan penuh kekeluargaan di Tamaijan Tari “Persembahan Selamat Datang” etnis Melayu Langkat oleh sanggar tari Hinai.

Puncak acara mengesankan tepung tawar kepada perwakilan Gadik/Pengasuh dan Siswa Diktukba oleh Kapolda Sumut, Waka Poldasu, Ketua PD Bhayangjari Sumut dan PJU Sumut. * B1N-Rizal