Dairi  

Pj Bupati Dairi Hadiri Penyerahan LHP BPK dan Seminar Kuatkan Pondasi Keuangan untuk Indonesia Emas 2045

Pj Bupati Dairi Hadiri Penyerahan LHP BPK dan Seminar Kuatkan Pondasi Keuangan untuk Indonesia Emas 2045

Dairi-Beritasatunews.id | Pj Bupati Dairi Surung Charles Bantjin menghadiri kegiatan penyerahan LHP BPK dan seminar ‘Kuatkan Pondasi Keuangan untuk Indonesia Emas 2045’, di Jakarta Convention Center, Senin (8/7/2024).

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan mengundang seluruh pimpinan kepala daerah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi/kabupaten/kota. Dalam undangan tersebut, BPK menggelar acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Dairi Surung Charles Bantjin mengatakan, acara tersebut penyerahan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah.

Selain itu kata Pj Bupati, acara dilanjutkan dengan seminar nasional dengan mengundang pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian, pimpinan pemerintah non-kementerian, kepala daerah, ketua DPRD Provinsi/kabupaten/kota dengan topik menguatkan pondasi keuangan negara, menuju Indonesia Emas 2045.

“Dalam pertemuan itu, Presiden RI juga mengingatkan seluruh kepala daerah berkewajiban untuk menjalankan APBD secara baik,” ucapnya.

Sementara dalam acara tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi prestasi pemerintah pusat yang kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

Opini WTP tersebut didapat dari laporan hasil pemeriksaan (LHP) Atas Laporan Keuangan (Lapkeu) pemerintah pusat tahun 2023, dan ikhtisar hasil pemeriksaan semester II/2023.

Meski begitu, Jokowi berharap agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda) tidak terlena dengan opini WTP, karena perolehan tersebut memang seharusnya wajib untuk diraih pemerintah.

“Saya sampaikan bahwa WTP bukan prestasi, tetapi kewajiban. Kewajiban dalam menggunakan APBN dengan baik, karena ini uang rakyat uang negara, kita harus merasa bahwa setiap tahun akan diaudit dan diperiksa sehingga ada kewajiban menjalankan keuangan negara secara baik, ” ujarnya

Acara yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang dihadiri seluruh gubernur, Bupati, Walikota, Ketua DPRD Provinsi dan Kabupaten serta Walikota se-Indonesia. * B1N-Edi Manto Manik