Plt Bupati Langkat Rapat Terbatas dengan Presiden RI

Plt Bupati Langkat Rapat Terbatas dengan Presiden RI
Plt Bupati Langkat Rapat Terbatas dengan Presiden RI

LangkatBeritasatunews.id | Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH menghadiri langsung mengikuti rapat terbatas Arahan Presiden RI, Joko Widodo kepada Seluruh Menteri, Kepala Lembaga, para Kepala Daerah dan BUMN, tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, bertempat di Ballroom Hotel Grand Hyat Nusa Dua-Bali, Jumat (25/03/2022).

Dalam arahannya, Presiden menegaskan; Saat ini, tantangan ketidakpastian global mengakibatkan semua negara mengalami kesulitan ekonomi. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya memacu pertumbuhan ekonomi nasional dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta anggaran BUMN untuk membeli produk dalam negeri.

Presiden menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi akan dengan mudah meningkat apabila konsisten untuk mengganti produk impor dengan membeli produk dalam negeri. Presiden mengatakan bahwa hal tersebut juga dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Kepala Negara menegaskan kementerian/lembaga untuk berhenti impor barang-barang dari luar. Presiden menyebut, sebagian besar barang-barang tersebut telah diproduksi oleh industri dalam negeri.

Presiden pun menargetkan hingga Mei 2022, anggaran sebesar Rp400 triliun dapat digunakan untuk pembelian barang dari dalam negeri. Selain itu, Presiden meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam platform yang tersedia.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara rapat terbatas tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Turut hadir mendampingi Plt. Bupati Langkat pada acara itu, Sekretaris Daerah Langkat dr H Indra Salahuddin M Kes MM, Inspektur H Amril S Sos MAP, Kepala BPKAD Drs M Iskandarsyah, Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung S STP MAP, Kabag Umpel Eka Syahputra Depari, S STP, Kabag Prokopim Mahardika Sastra Nasution MAP, Kabid IKP M Faisal SE MI Kom mewakili Kadis Kominfo H Syahmadi S Sos MSP. * B1N-Sfn