Kemenperin Berikan Pendampingan dan Pengembangan Sentra IKM Batik, Tenun & Anyaman di Sumut

Kemenperin Berikan Pendampingan dan Pengembangan Sentra IKM Batik, Tenun & Anyaman di Sumut
Kemenperin bersama-sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali bersinergi dalam Mengembangkan produk-produk IKM melalui pendampingan pengembangan sentra IKM Batik, tenun dan anyaman. (Foto: Ist)

Dalam Rangka HUT Ke-43 Dekranas

Deliserdang-Beritasatunews.id | Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama-sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali bersinergi dalam Mengembangkan produk-produk IKM melalui pendampingan pengembangan sentra IKM Batik, tenun dan anyaman.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari, sejak tanggal 3 – 6 Mei 2023 bertempat di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Kabupaten Deliserdang ini merupakan bagian dari rangkaian program Peringatan Hari Ulang Tahun ke-43 Dewan Kerajinan Nasional, Rabu (03/5/2023).

BACA JUGA: May Day 2023, Bobby Ingin Perusahaan Cover 100% BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan Pekerjanya

Kegiatan dibuka secara virtual oleh Wakil Ketua Harian I Dekranas, Loemongga Agus Gumiwang ini akan diikuti peserta yang berasal dari sentra-sentra IKM yang merupakan binaan Dinas Perindustrian dan Dekranasda Kota Medan, Dekranasda Kabupaten Deliserdang dan Dekranasda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dengan jumlah peserta di masing-masing kegiatan sebanyak 25 orang sehingga total peserta adalah sebanyak 75 orang.

Dalam sambutannya, Loemongga menyampaikan bahwa IKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kemenperin, jumlah IKM di Indonesia kini tercatat sebanyak kurang lebih 4,4 juta unit usaha atau sekitar 99,77% dari jumlah total industri di Indonesia, serta mampu menyerap sekitar 15,64 juta tenaga kerja, dan berkontribusi sebanyak 3,72% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

“Ini merupakan merupakan bagian dari rangkaian program Peringatan Hari Ulang Tahun ke-43 Dewan Kerajinan Nasional yang bertujuan adalah untuk memfasilitasi sentra IKM Batik, Tenun dan Kerajinan Anyaman dalam pengembangan desain dan pewarnaan alam serta mampu berinovasi membuat produk-produk baru yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang berdaya saing serta dapat diterima oleh pasar,” jelas Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Reni Yanita.

Endang Budi Karya, Ketua Bidang WIrausaha Baru selaku Ketua Panitia Peringatan HUT ke-43 Dekranas dalam sambutannnya menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

“Selama 43 tahun mengabdi dan berkarya, Dekranas berkomitmen melaksanakan berbagai usaha untuk meningkatkan dan memajukan industri keajinan,” kata Endang Budi Karya.

“Untuk itu, kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sebagai komitmen dalam pengembangan Kriya dan Wastra Nasional, terutama dalam mendukung kesuksesan Peringatan HUT Dekranas ke-43,” lanjut Endang.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri pula oleh Sekretaris Dekranasda Kota Medan, Ketua Dekranasda Kabupaten Deli Serdang, Ny. Yunita Ashari Tambunan dan perwakilan Dekranasda Kabupaten Serdang Bedagai.

Acara Puncak Peringatan HUT Dekranas ke-43 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2023 di Kota Medan dengan tema “Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya!”.yang akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran produk-produk UMKM, fashion show, talk show dan tentunya pameran kuliner khas Kota Medan. * B1N-Tim/ARS