Palu  

Terima Kunjungan Supervisi Setjen, LPKA Palu Jadi Percontohan Implementasi PKS Dalam Negeri

Terima Kunjungan Supervisi Setjen, LPKA Palu Jadi Percontohan Implementasi PKS Dalam Negeri

Palu-Beritasatunews.id | Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Palu terima kunjungan Supervisi dari Bidang Kerjasama Dalam Negeri Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), Kamis, (7/3/2024) Pagi.

Dalam hal ini LPKA Palu berhasil menjadi percontohan Implementasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan stakeholder dalam memberikan kotribusi positif terhadap perkembangan dan rehabilitas anak binaan.

Pada momen tersebut, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun terima kunjungan supervisi dari Setjen Kemenkumham RI didampingi oleh Kepala Subbagian Umum, Andy Nuryadin, Kepala Seksi Pembinaan, Ida Bagus, Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimkemas, Henny mengatakan, pihaknya telah menjalin sinergitas Bersama stakeholder maupun para pemerhati anak lainnya baik di tingkat Kota Palu maupun Provinsi Sulawesi Tengah guna mendukung tumbuh kembang bagi seluruh anak binaan serta meningkatkan kapasitas dalam pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada di LPKA Palu.

Dalam Kegiatan tersebut, Tim Supervisi dipimpin langsung oleh Koordinator Bidang Kerja Sama Dalam Negeri Sekjen Kemenkumham RI, Aman Budi Manduro Bersama 2 orang timnya, Diah Khoirunnisa, dan Zaqi Adhi Alvian.

Selanjutnya, Aman bersama tim melakukan pemeriksaan pada setiap PKS yang telah dibangun oleh LPKA Palu, tujuannya agar memastikan apakah telah sesuai berdasarkan Permenkumham nomor 14 Tahun 2023 tentang Penataan Kerja Sama di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Luar biasa pencapaian LPKA Palu dalam menjalin sinergitas, total yang kita periksa ada 22 PKS, semuanya telah sesuai berdasarkan Permenkumham nomor 14 Tahun 2023,” jelas Aman

Selain itu, ada 2 PKS LPKA Palu yang menjadi unggulan yakni bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Palu dalam pemenuhan program pembinaan Kepramukaan bagi anak binaan dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mulia Kasih dalam hal pemenuhan Pendidikan Nonformal.

Adapun pencapaian yang berhasil ditorehkan baik ditingkat Nasional maupun regional antara lain, Berpartisipasi dalam Jambore Nasional Tahun 2022 di Cibubur, Menjadi pasukan Garuda Penggalang, Raimuna Cabang, Pramuka Peduli, Bimbingan Teknis bagi Petugas dalam kegiatan Ticket To Life, Menjadi peserta di Raimuna Nasional Tahun 2023 di Cibubur, ikut serta dalam Kemah Bakit pemuda.

Tidak berhenti sampai disitu, pencapaian luar biasa LPKA Palu terus berlanjut dengan melaksanaan Ujian Kesetaraan Nonformal Paket A,B dan C bagi anak binaan serta penyerahan Ijazah kepada anak binaan yang telah menuntaskan pendidikannya.

Dalam hal ini, LPKA Palu menerima apresiasi dari Tim Supervisi atas kerja keras dan inovasi yang telah dihadirkan dengan menjalin kerja sama antara berbagai stakeholder.

“Kita hadir disini untuk membuktikan sejauh mana kerja sama yang dibangun oleh satker, salah satunya LPKA Palu. Semanya berjalan baik, pertahankan kinerja baik ini. Semoga dengan hasil ini dapat memberikan motivasi lebih bagi teman-teman di Lapangan,” pesan Aman

Sementara itu, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun menyampaikan rasa syukurnya atas apresiasi yang diberikan dari Tim Supervisi Setjen. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan penuh jajarannya serta komitmen bersama yang dibangun oleh keluarga besar LPKA Palu.

“Pencapaian ini untuk kita semua, terima kasih. Pastinya hal baik ini akan terus kita tingkatkan, mengingat dalam mendukung tumbuh kembang setiap anak serta Pengembangan sumber daya manusia di LPKA Palu sangatlah penting,” terang Revanda

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Humas dan PPL Kanwil Kemenkumham Sulteng, Muh. Said Bersama Kepala Subbagian Humas, Asman dan Sekretaris Kwarcab, Imran serta Ketua PKBM, Marthen.

“Saya juga berterima kasih kepada para stakeholder yang telah membantu kami dalam memberikan pembinaan kepada anak binaan. Ini adalah wujud nyata kita, komitmen Bersama kita dalam mewujudkan generasi hebat. Semoga hal baik ini akan tersu berlanjut,” harap Revanda

Diakhir kegiatan, LPKA Palu Kembali menorehkan prestasi positif bagi kanwil Kemenkumham Sulteng yang saat ini dipimpin oleh Kakanwil, Hermansyah Siregar sebagai UPT Pemasyarakatan yang menjalin Kerja Sama Dalam Negeri terbanyak, teraktif, serta memberikan kontribusi nyata dalam hal pemenuhan Layanan, Pembinaan, serta peningkatan kapasitas bagi anak binaan maupun petugas. *:B1N-Rel