Aceh  

Kota Langsa Raih Adipura dari KLHK RI

Kota Langsa Raih Adipura dari KLHK RI

Langsa – Beritasatunews.id | Kota Langsa raih Adipura sebagai kota yang bersih serta rapi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), beberapa waktu lalu.

Kota Langsa raih Adipura ini bukan serta merta diberikan begitu saja, tetapi melalui sebuah proses yang tudak mudah, dan tentunya semua itu tidak terlepas dari peran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa, Provinsi Aceh.

Kepada media ini melalui telpon selulernya Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H. Ade Putra Wijaya Siregar, ST. MM Senin (4/3/2024) mengatakan, Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, khusus tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemko Langsa yang terus berusaha membuat kota bersih dan sehat sehingga berhasil meraih Adipura.

“Kota Langsa salah satu daerah yang masuk dalam nominasi Anugerah Adipura 2023 bersama Kotamadya Banda Aceh dan Kabupaten Nagan Raya” imbuhnya.

Menurut Putra, keberhasilan ini berkat kerja keras yang solit seluruh Tim Dinas Lingkungan Hidup Pemko Langsa secara keseluruhan, semua itu terbukti dalam kurun waktu kurang lebih 5 (lima) bulan terakhir Kota Langsa sudah tertata dengan rapi.

” Sejak 11 April 2023 berbagai kebijakan diterapkan untuk mewujudkan Kota Langsa sebagai kota terbersih dan sehat, Karena Plakat Adipura diberikan kepada Kota Langsa karena memiliki lokasi rata-rata nilai tertinggi nasional dengan kategori : Pasar Terbaik, Taman kota terbaik, hutan kota terbaik, terminal terbaik, dan TPA terbaik,” ujar Ade Putra.

Srlain itu lanjut Putra, Pengolahan sampah oleh Pemko Langsa diatur sehingga sampah rumah tangga diangkut langsung dengan menggunakan aramada kebersihan yang telah disiapkan oleh masing-masing Desa/Gampong , dimana Instrumen pengelolaan lingkungan oleh pemerintah daerah (pemda) setempat salah satunya membatasi penggunaan plastik kemasan sekali pakai dan styrofoam, kebijakan itu dituangkan ke dalam regulasi Peraturan Wali Kota tentang Pengelolaan Sampah.

Kemudian saat ini TPA Kota Langsa telah menerapkan metode control landfill atau sistem pengolahan sampah dengan cara dipadatkan pada lokasi cekung, lalu ditimbun dengan tanah, guna meminimalkan dampak lingkungan.

“Cara ini biasanya diterapkan pada kota-kota besar. Meskipun Kota Langsa masuk dalam kategori kota kecil, tetapi pengolahan sampah sudah menggunakan metode control landfill. Kami mengajak semua pihak di daerah ini tetap menjaga kebersihan untuk keberlanjutan bagi Kota Langsa,” ujarnya.

Peanugrahan Adipura ini di buktikan saat ini Pemko Langsa telah mendapat undangan penyerahan penghargaan piala Adipura di Jakarta pada Selasa, 05 Maret 2024 di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Sesuai undangan yang kami terima, dimana piala Adipura akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin kepada Pj. Walikota Langsa, Syaridin S.Pd. M.Pd. pungkas Plt. Kadis DLH Langsa H. Ade Putra Wijaya Siregar ST. MM. * B1N – iwan